Siapa Yang Menciptakan Genre Lo-Fi ?

 


Di era sekarang pastinya kita sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya genre Lo-Fi. apalagi jika kalian menonton youtuber-youtuber yang sedang nge vlog atau mengambil scene-scene cinematic, pastinya mereka sambil menggunakan lagu Lo-Fi ini sebagai backsoundnya.

Nah disini gua akan menjelaskan asal usul dari genre Lo-Fi ini dan siapa sebenarnya orang pertama yang menciptakan genre Lo-Fi ini. Jujur pada saat membuat artikel ini gua juga sambil nge dengerin lagu Lo-Fi yang biasanya gua denger di channel Youtube ChilledCow yang selalu livestream 24 jam non stop dengan video legend yaitu seorang wanita yang sedang belajar seperti gambar diatas.

Oiya BTW disini gua nggak akan ngejelasin secara rinci layaknya wikipedia, tetapi dengan bahasa gua sendiri. Jadi kalo kalian masih merasa kurang lengkap dengan penjelasan gua kalian tinggal search google aja.




APA ITU LO-FI ?


Jadi secara singkat LoFi adalah campuran dari genre Jazz dan HipHop yang memiliki beat yang sangat santai dan Chill. Lagu LoFi biasanya hanya berupa instrumental saja atau tidak memiliki vokal. Nah lagu LoFi ini sangat cocok didengarkan bagi kalian-kalian yang ingin bersantai sambil tiduran, atau bisa juga pada saat mengerjakan tugas yang menumpuk. Karena jujur bagi gua lagu LoFi ini sangat cocok untuk menghilangkan stres pada saat gua lagi ngejain tugas.

Nah sekarang tiba saat nya gua untuk menjelaskan siapa orang yang menciptakan genre LoFi ini.

Dia adalah.......












Jun Seba (Nujabes)



Sun Jeba atau lebih dikenal dengan nama panggung Nujabes adalah seorang produser rekaman Jepang, DJ, komposer dan arranger. Lahir pada tanggal 7 Februari 1974 dan meninggal pada tanggal 26 Februari 2010. Ia telah merilis 3 album solo diantaranya: Metaphorical Music (2003), Modal Soul (2005) dan Spiritual State (2011)





Dan ternyata Nujabes juga orang yang membuat soundtrack dari salah satu anime yang lumayan terkenal dari Shinichiiro Watanabe yaitu Samurai Champloo (2004), khususnya Openingnya yang berjudul Battlecry yang sangat terkenal pada masanya, karena anime ini bertemakan petualangan 2 orang samurai dan seorang gadis yang merupakan genre action, tetapi menggunakan opening LoFi yang sangat chill dan santai, maka membawa kesan unik tersendiri bagi gua dan penonton lainnya.

Sayangnya Nujabes harus menghembuskan nafas terakhirnya pada 26 Februari 2010 yang lalu karena kecelakaan mobil di Tokyo.

Walaupun sang legenda LoFi sudah tiada, tetapi karya jeniusnya tidak akan pernah mati dan akan terus dilanjutkan oleh musisi-musisi di dunia ini, dan sampai sekarang pun kita masih mendengarkan lagu-lagu LoFi setiap harinya.

REST IN BEATS. NUJABES✌



Nah sampai sini dulu artikel gua kali ini, seperti yang gua bilang tadi kalau gua ngga akan ngejelasin secara rinci melainkan hanya dengan versi gua saja. Semoga dengan artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua. 

SO THANK YOU FOR ALL  OF YOU👌




Comments

Popular Posts